fbpx
Wordpress Free ThemesOnline TipsArticles DirectoryForeclosure HelpHouse For Sale By OwnerHouse StagingProperty Management
obral ebook Indonesia

Kiat Menghadapi RESESI

| 26/09/2020 | 0 Comments

Assalamu alaikum wrwb sahabat semua, tulisan kiat menghadapi resesi ini bukan bermaksud untuk menakut-nakuti atau menyudutkan pihak tertentu, akan tetapi sekedar sumbangsih pendapat saya sebagai upaya untuk saling menguatkan terutama bagi teman-teman yang terdampak langsung maupun tidak langsung akan apa yang sedang dihadapi negara tercinta kita ini.

Kita sama-sama ketahui selain masalah kesehatan pandemi covid-19 juga memukul perekonomian seluruh dunia tidak terkecuali negara kita Indonesia. Tanda-tanda resesi negeri ini sudah mulai tampak di kuartal-1 2020, ditandai dengan menurunnya pertumbuhan ekonomi dibanding tahun sebelumnya dan makin tajam penurunannya dikuartal- 2.

Memasuki kuartal ke-3 inipun demikian, dari kementrian keuangan sendiri menyatakan pertumbuhan ekonomi kita diperkirakan masih akan minus. Bukan tidak mungkin akan makin banyak perusahaan-perusahaan yang tumbang karena memang sudah berdarah-darah sejak kuartal pertama, yang dapat berakibat bertambah pula gelombang PHK dimana-mana.

Termasuk sektor UMKM pun banyak yang mengalami penurunan omset.

Lalu Apa yang bisa kita lakukan untuk mengahadapi resesi ini ?

1.Tetaplah Bertransaksi 

Perekonomian Indonesia 59% ditopang oleh sektor konsumsi, jika kita terlalu berhemat justru akan makin memperburuk kondisi perekonomian negara kita. Tentu saja kita tidak bisa boros  seperti sebelumnya, melainkan lakukan transaksi dengan bijak untuk kebutuhan-kebutuhan sehari-hari kita.

2. Kucurkan Kembali Bantuan Pemerintah  

Bantuan dari pemerintah ini idealnya memang dikucurkan untuk sektor produksi dan UMKM agar perekonomian Indonesia semakin besar, namun untuk kondisi saat ini tidak memungkinkan. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang terdampak sudah tepat dan sebaiknya dikeluarkan lagi tahap berikutnya.

Selain untuk membantu kehidupan sehari-hari masyarakat yang terdampak, hal ini juga akan menghidupkan kembali perekonomian kita. Dimana saat masyarakat memiliki kemampuan untuk berbelanja artinya sektor produksi dan UMKM pun akan hidup sehingga roda perekonomian akan berputar kembali.

3. Siapkan Penghasilan Alternatif

Bagi teman-teman yang terkena PHK atau dirumahkan dengan saleri yang tidak full, bisa segera mencari penghasilan alternatif. Ada hal positif sebagai akibat dari wabah covid-19 ini, yaitu semakin banyaknya orang melakukan kegiatan di dunia maya.

Hal tersebut membuat transaksi didunia maya naik berlipat, yang akhirnya banyak perusahaan-perusahaan besar yang mengalihkan “biaya promosi” mereka ke dunia maya. Dan ini semua bisa menjadi penghasilan alternatif bagi teman-teman semua.

Teman-teman bisa melakukan jualan online, atau bagi yang masih “canggung berjualan” bisa mempelajari cara-cara menghasilkan uang tanpa jualan yang ada didunia maya. Berbagai tips dan cara-cara menghasilkan uang dari Internet bisa teman-teman temukan di blog saya ini, silakan di eksplore dan cari yang paling cocok yang bisa teman-teman kerjakan.

Demikian sedikit kiat menghadapi resesi yang bisa saya sampaikan dari sudut pandang saya sebagai praktisi bisnis online. Jika dirasa bermanfaat sudilah kiranya teman-teman membagikan tulisan ini, jika ada komentar atau masukan bisa teman-teman sampaikan pada kolom komentar dibawah ini.

Sukses terus pebisnis online Indonesia
Wasalamu alikum wrwb.

Ikuti Pembelajaran Online Dari Kami
Silahkan Masukan Email Anda :

data twitter yul eko rubiyanto l data facebook yul eko rubiyanto video youtube yul eko rubiyanto

Tags: ,

Category: Artikel, Informasi

About the Author ()

Leave a Reply